Simak Tips Aman Saat Ajukan Pinjaman Online!

7

Sah-sah Saja Ajukan Pinjaman Online, Simak Tipsnya Biar Aman!

TIGER.ID Pinjaman online belakangan ini jadi primadona di kalangan masyarakat Indonesia. Selain syarat pengajuan yang mudah, pencairan dananya juga relatif sangat cepat ketimbang proses pinjaman melalui perbankan.

Tak heran bila kemunculan platform pinjaman online ini begitu diminati dan jadi angin segar bagi mereka yang butuh cepat dana tunai. Tapi tak sedikit dari mereka yang merasa takut menjajal platform pinjaman online ini meski sedang butuh uang.

Tak lain dan tak bukan, karena khawatir bernasib sama dengan nasabah-nasabah pinjaman online lain, yang mengalami teror penagihan utang seperti banyak diberitakan di media.

  1. Pastikan penyedia pinjaman memiliki izin OJK
    Pilih fintech pinjaman online mana yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab perusahaan fintech yang resmi terdaftar di OJK akan mengikuti prosedur dan tata cara yang berlaku, mulai dari cara penagihan, ketentuan besar bunga pinjaman yang tidak boleh lebih dari 30 persen, dan lainnya.
  2. Pinjam hanya sesuai kebutuhan
    Kemudahan pengajuan pinjaman online seringkali disalahgunakan oleh nasabah. Tak sedikit yang pinjam dana untuk memenuhi kebutuhan konsumtif, atau lebih parahnya lagi untuk membayar tunggakan utang sebelumnya.

Hal ini tentu bisa menjadikan pinjaman online bumerang untukmu. Bukannya memudahkan, yang ada kamu malah terjerat utang. Amannya, jangan sampai jumlah pinjamanmu melebihi 30 persen total penghasilan bulanan. Dalam rasio tersebut, kondisi keuanganmu masih dianggap sehat.

  1. Bayar cicilan tepat waktu
    Sama seperti kredit konvensional, kamu juga akan dikenakan denda saat telat dalam membayar pinjaman online. Apabila dibiarkan terus-terusan, tentu utang akan menumpuk, dan bebanmu untuk membayarnya kembali pun semakin besar.

Disiplinkanlah dirimu sendiri dalam membayar cicilan. Ketika menerima gaji, prioritaskan untuk membayar cicilan sebelum kamu menyisihkannya untuk kebutuhan lain.

  1. Pahami syarat dan ketentuan yang disetujui
    Ketika kamu hendak mengajukan untuk pinjam dana online, biasanya sistem akan meminta persetujuanmu untuk sejumlah hal, misalnya seperti akses kontak telepon, kamera, dan lainnya. Tak cuma itu, kamu juga akan diberi tahu soal besaran bunga dan biaya-biaya lainnya.

Sebagai konsumen cerdas, kamu harus teliti sebelum bertindak. Pahami hak dan kewajibanmu sebagai penerima dana. Pelajari juga bunga dan denda yang akan dikenakan. Pastikan bahwa kamu sudah membaca informasi penting tersebut secara seksama sebelum lanjut ke tahap selanjutnya. Sumber: akurat

You might also like
close