Kuota Internet Kemendikbud 2021: Cara Daftar, Syarat, dan Ketentuannya [Cek Fakta]

61

Tigernews– Karena kebijakan bantuan kuota data internet di tahun 2020 mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari masyarakat.

Akhirnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali melanjutkan kebijakan bantuan kuota data internet di tahun 2021 ini. Nah, tahukah anda syarat dan ketentuan hingga cara untuk mendapatkan kuota internet Kemendikbud 2021?

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, bantuan kuota internet Kemendikbud 2021 akan diberikan selama tiga bulan ke depan. Jadi,  kuota internet Kemendikbud 2021 akan diberikan, namun dengan giga yang lebih kecil dari kuota belajar sebelumnya. Tetapi kuota ini merupakan kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi mulai Maret 2021.

Hanya saja, ada beberapa pengecualian, yaitu aplikasi-aplikasi yang diblokir, seperti aplikasi permainan dan juga sosial media. Agar bisa mendapatkan bantuin ini, simak syarat dan ketentuan hingga cara daftar kuota internet Kemendikbud 2021 berikut ini. 

Siapa saja yang dapat menerima bantuan kuota internet Kemendikbud 2021? 

  • Penerima bantuan kuota Kemendikbud pada bulan November-Desember 2020 dan nomornya masih aktif. Maka akan menerima bantuan kuota pada bulan Maret 2021.
  • Sedangkan penerima bantuan yang total penggunaannya kurang dari 1GB. Maka tidak akan menerima bantuan kuota.
  • Pemimpin satuan pendidikan (sekolah) tidak perlu mengunggah SPTJM lagi untuk yang sudah menerima bantuan pada bulan November-Desember 2020 lalu.

Selanjutnya, seperti apa bantuannya? Tahun ini kuota yang diberikan adalah kuota umum, dengan rincian sebagai berikut:

  • Siswa PAUD: 7 GB/bulan
  • Siswa Dikdasmen: 10 GB/bulan
  • Guru PAUD & Guru Dikdasmen: 12 GB/bulan
  • Dosen & Mahasiswa: 15 GB/bulan

Cara Dapat Kuota Internet Kemendikbud 2021

Sementara itu, bagi mereka yang sebelumnya belum mendapatkan bantuan atau ganti nomor, bisa mengikuti panduan berikut ini:

Kuota internet Kemendikbud 2021 dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman, (kecuali yang diblokir Kominfo), serta daftar pengecualian yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud: http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id.

Kuota akan diberikan setiap tanggal 11-15 setiap bulan dan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Halaman: 1 2

You might also like
close